June 22, 2021
Contact : pendsosiologi@unima.ac.id

SEJARAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI

Sejak PTPG Tondano berdiri pada tahun 1955, Jurusan-jurusan yang ada pada saat itu, antara lain ; Jurusan Sosiologi, Jurusan Antropologi, Civic Hukum, Sejarah, dan sebagainya. Dalam sejarahnya, PTPG Tondano mengalami beberapa kali perubahan nama lembaga sehingga menjadi IKIP Negeri Manado. Jurusan Sosiologi dan Antropologi menyelenggarakan pendidikan program Sarjana (S1). Perkembangan terakhir ke dua Jurusan tersebut berada di Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS) IKIP Negeri Manado.

Dalam perkembangannya Jurusan Sosiologi terhenti penyelenggaraannya pada tahun 1970an dan atas kebijakan Dirjen DIKTI pada tahun 1983 Jurusan Antropologi dibekukan untuk sementara waktu (dinonaktifkan). Untuk itu sejak tahun 1984 tidak lagi menerima mahasiswa. Sejak itu pula kedua Jurusan tersebut menjadi payungan Jurusan Geografi dan seluruh dosennya dilibatkan dalam tugas mengajar pada jurusan Geografi untuk mata kuliah PBM dan MKBS dan matakuliah lain yang dianggap sesuai.

Pada saat pemberlakuan Kurikulum Baru Pendidikan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah (PTKSM) yang dimulai pada tahun akademik 1992/1993 untuk 10 IKIP dan FKIP di Universitas, maka salah satu dari 15 Program Studi yang diberlakukan, adalah Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi. Untuk itu dilakukan SEMLOK tentang pelaksanaan Kurikulum Baru yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi DEPDIKBUD bersama 10 LPTK pada tanggal, 26-27 Agustus 1992 bertempat di Hotel Wisata Internasional Jakarta.

Berdasarkan hasil SEMLOK tersebut, Rektor IKIP Negeri Manado menerbitkan Surat Keputusan Nomor : 5178/PT08.H/C/92, tanggal 3 Desember 1992, tentang penetapan Pelaksanaan Program Pendidikan Sosiologi-Antropologi dan Pengalihan Dosen-dosennya pada Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP Negeri Manado (Pengalihan tersebut dari Jurusan pendidikan Geografi ke Jurusan Pendidikan Sejarah). Sejak saat itu, kedudukan Prodi Pendidikan Sosiologi-Antropologi dan seluruh dosennya tetap berada pada Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNIMA. Disesuaikan dengan pelaksanaan kurikulum pada waktu itu, maka Prodi Pendidikan Sosiologi-Antropologi menyelenggarakan perkuliahan untuk Program Kewenangan Tambahan (PSSM) bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah dan bagi mahasiswa Jurusan Lain di FPIPS dan FPBS di lingkungan  IKIP Negeri Manado.

Pengaktifan kembali Program Studi ini bertujuan untuk ikut memberikan kontribusi dalam membantu memenuhi Kebutuhan Tenaga Guru untuk Mata Pelajaran Sosiologi dan Antropologi pada SMP dan SMA di Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi lain di wilayah timur Indonesia. Sebab guru-guru yang pada saat ini mengajar mata pelajaran Sosiologi di SMP dan SMA adalah guru yang tidak memiliki kemampuan dalam bidang Sosiologi, mereka adalah guru-guru yang hanya memiliki kemampuan tambahan yang pada umumnya berlatar belakang pendidikan lain seperti pendidikan Sejarah, PPKn maupun Ekonomi. Namun dalam awal penyelenggaraannya baru akan dikonsentrasikan pada S1 Pendidikan Sosiologi. Selanjutnya direncanakan pula akan dibuka konsentrasi S1 Pendidikan Antropologi. Pertimbangan ini diambil mengacu pada kebutuhan guru dan sumberdaya Dosen yang tersedia.

Pada Bulan April 2001, kami menyampaikan Proposal Pengaktifan kembali Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi dengan beberapa kali perbaikan kepada Direktur Jenderal DIKTI DEPDIKNASRI, Jakarta namunbelum memperoleh izin/persetujuan. Pada tahun 2006-2007 dibuat pula Proposal Pendirian Program Studi Pendidikan Sosiologi namun belum  memperoleh rekomendasi dari Rektor UNIMA. Setelah mengalami perjuangan yang panjang, maka pada tahun 2010, Drs. Abd. Rasyid Umaternate, MSi, berinisitif membuat Proposal Pendirian Program Pendidikan Sosiologi yang dibantu oleh seluruh dosen Konsentrasi Pendidikan Sosiologi dan dosen prodi lain yang berlatar belakang Magister Ilmu social/Sosiologi, yakni; Dra. Maryam Lamadirisi, MSi, (sebagai Ketua Konsentrasi), Prof. Dr. Ferdinand Kerebungu, MSi, Drs. Z. Henki Singal, MSi,  Drs. Hamdi Gugule, MSi, Drs. Yoseph A. D. Santie, MSi, dan Drs. Rudy Tompunu, MSi. Pengurusan Proposal tersebut dibantu oleh Almarhum Prof Drs. Mithel Kumajas, MSi dan mendapat rekomendasi Rektor UNIMA saat itu Prof. Dr. Ph. E. A. Tuera, MSi., DEA.

Setelah pembuatan Proposal Pendirian Prodi Pendidikan Sosiologi Selesai, maka dikirim kepada Dirjen Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS RI. Setelah satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 12 April 2011 Menteri Pendidikan Nasional RI menerbitkan Surat Keputusan tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) pada Universitas Negeri Manado dengan nomor 73/E/O/2011. Berdasarkan surat keputusan ini, maka terhitung Tahun Ajaran 2011/2012. Program studi Pendidikan Sosiologi telah berstatus Program Studi baru di Fakultas Ilmu Sosial UNIMA dan untuk pertamakali menerima mahasiswa baru angkatan pertama. Dengan adanya Surat Keputusan Mendiknas RI tersebut, maka pada Tahun Ajaran 2011/2012, semua mahasiswa yang terdaftar pada Konsentrasi Pendidikan Sosiologi di Jurusan Pendidikan Sejarah, dialihkan dengan prosedur Akreditasi/Ekivalensi Mata Kuliah mereka dengan Kurikulum Program Studi Pendidikan Sosiologi FIS UNIMA.

Pada usia dua tahun berdirinya Program Studi tersebut tetapnya pada awal tahun 2014, Drs. Abd. Rasyid Umaternate, M.Si. sebagai koordinator berinisiatif membuat Borang dan Evaluasi Diri Program Studi Pendidikan Sosiologi FIS UNIMA, dan dikirim untuk pengajuan di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang difasilitasi dan dibantu Oleh Ketua Prodi, Dra. Maryam Lamadirisi, M.Si dan Sekretaris Drs Z. H. Singal, M.Si serta seluruh Dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi. Dan Drs. Erick Lobja, M.Si dan mahasiswa yang saat ini telah menjadi Alumni antara lain Sanita Sasea, S.Pd, M.Pd dan Novhendra C. Simbar, S.Pd., M.Pd. Setelah divisitasi oleh Asesor BAN-PT  pada bulan Juli tahun 2014, maka pada tanggal 27 September 2014 BAN-PT menerbitkan Surat Keputusan dan Sertifikat Akreditasi nomor 377/SK/BAN-PT/Akred/IX/2014, menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Manado, terakreditasi dengan Peringkat Akreditasi B. Sertifikat akreditasi program studi Sarjana ini, berlaku 5 Tahun sejak tgl 27 September 2014 sampai dengan 27 September 2019. Surat Keputusan dan Sertifikat Akreditasi tersebut adalah untuk pertamakali bagi Program Studi Pendidikan Sosiologi FIS UNIMA terakreditasi oleh BAN-PT, setelah dua tahun berdirinya Program Studi tersebut.

Pada tahun 2019 jumlah dosen berkembang dengan bertambahnya dosen baru (CPNS) yang direkrut secara Nasional melalui proses seleksi Tahun 2018. Dosen CPNS tersebut adalah Awaluddin Hasrin, S.Pd., M.Pd., Romi Mesra, S.Pd., M.Pd., Siti Fathimah, S.Pd., M.Pd., Nismawati, SPd., MPd., Sangputri Sidik, SPd., M.Pd.

Demikian ringkasan sejarah Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Manado (UNIMA), dari berdirinya sampai dengan saat ini

Ikuti Kami :
en_USEnglish
en_USEnglish