January 25, 2021
Contact : pendsosiologi@unima.ac.id

SASARAN

Bidang Pendidikan.

  1. Memiliki kurikulum yang secara rutin direvisi sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan telah disinkronisasi dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta dalam proses revisi tersebut telah melibatkan berbagai komponen pemangku kepentingan.
  2. Memiliki kurikulum yang dilengkapi dengan profil lulusan, kompetensi lulusan, peta kurikulum, dan sebaran mata kuliah yang memenuhi standar
  3. Memiliki seperangkat SOP yang mengatur penyelenggaraan prose pembelajaran yang tersedia di Fakultas dan di Program studi
  4. Memiliki seperangkat SOP dalam proses penyusunan tugas akhir (skripsi) untuk menjamin kualitas skripsi dan SOP validasi karya ilmiah untuk mengantisipasi terjadinya plagiarisme sehingga karya ilmiah itu layak dipublikasikan.
  5. Memiliki sumber calon mahasiswa yang tersebar di berbagai provinsi.
  6. Rasio jumlah diterima dan pelamar
  7. Memiliki lembaga kemahasiswaan yang secara rutin melaksanakan berbagai kegiatan, baik yang bersifat akademis yang bersinergi dengan kegiatan Program Studi maupun bersifat non akademis untuk meningkatkan soft skills mahasiswa.
  8. Memiliki hubungan yang baik dengan organisasi alumni.
  9. Telah melaksanakan monitoring lulusan melalui pelacakan (tracer study) secara rutin.
  10. Memiliki mutu lulusan dengan rata-rata IPK sebesar 3,50 dan masa studi tepat waktu.
  11. Lulusan yang memiliki kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan dunia kerja.

Bidang Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Partisipasi dosen dalam kegiatan penelitian untuk berbagai sumber dana dan terutama penelitian yang kompetitif di LP2M Menristekdikti.
  2. Partisipasi dosen dalam kegiatan penelitian setiap tahun pada sumber dana dari  LP2M UNIMA
  3. Partisipasi dosen dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui berbagai sumber dana baik dari kementerianristekdikti, kementerian lain dan atau pemerintah daerah serta lembaga-lembaga lain.
  4. Jumlah kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari berbagai sumber dana.
  5. Jumlah publikasi ilmiah hasil penelitian dan pengabdian dosen melalui berbagai jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional terutama yang terindeks scopus.

Bidang Tata Kelola Dan Sumber Daya.

  1. Memiliki tata pamong kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil dalam menye-lenggarakan proses pembelajaran serta kepemimpinan Program Studi yang telah memperoleh pengakuan publik. 
  2. Memiliki struktur organisasi yang jelas dilengkapi dengan tugas pokok dan memiliki fungsi (tupoksi) yang jelas dan terukur.
  3. Memiliki Tim Pelaksana Gugus Penjamin Mutu (GMP) yang berada di bawah koordinator Unit Penjamin Mutu Fakultas (UPM), dilengkapi berbagai SOP sehingga menjamin proses pembelajaran yang berkualitas disertai monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan.
  4. Program Studi telah mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen mulai perencanaan sampai pengawasan disertai mekanisme umpan balik proses pembelajaran yang dilakukan secara berkelanjutan di tingkat Program Studi.
  5. Memiliki dosen yang berpangkat fungsional Guru besar, untuk menjamin proses pembelajaran yang berkualitas.
  6. Memiliki dosen yang berkualifikai Doktor, untuk menjamin proses pembelajaran yang berkualitas.
  7. Mengusul kebutuhan dosen baru Program Studi.
  8. Memiliki dosen dengan beban kerja yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terdistribusi secara berimbang dalam ketiga bidang tri dharma perguruan tinggi.
  9. Mengikuti berbagai pelatihan bagi dosen untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi di bidang tri dharma perguruan tinggi.
  10. Memiliki tenaga kependidikan dalam fungsi pelayanan akademik maupun umum yang berkualitas. 
  11. Memiliki dana operasional mahasiswa yang memadai untuk penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas dan dialoksikan secara proporsional pada berbagai kegiatan.

Bidang Sarana Dan Prasana.

  1. Memiliki sarana dan prasarana baik utama maupun pendukung yang memenuhi standar minimal mutu untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.
  2. Memiliki sarana dan prasarana yang berbasiskan teknologi informasi untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.
  3. Memiliki perpustakaan yang koleksi bukunya sangat memadai untuk mendukung penyelenggaraan pem-belajaran yang berkualitas.
  4. Memiliki jurnal cetak ataupun elektronik program studi yang terakreditasi.

Bidang Kerja Sama.

  1. Memiliki kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi didalam negeri melalui Universitas Negeri Manado (UNIMA).
  2. Memiliki kerjasama dengan Program Studi Pendidikan Sosiologi yang ada di Perguruan Tinggi di Indonesia.
  3. Memiliki kerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah Propinsi Sulawesi Utara, seluruh kabu-paten/kota yang ada di Sulawesi Utara dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat melalui Universitas Negeri Manado (UNIMA).
  4. Memiliki kerjasama dengan Program Studi Pendidikan Sosiologi yang ada di Perguruan Tinggi di Indonesia.
  5. Memiliki kerja sama dengan pihak perguruan tinggi luar negeri melalui Universitas Negeri Manado (UNIMA).
Ikuti Kami :
en_USEnglish
en_USEnglish